Isi Laporan :
Judul Topik : Media Pembelajaran Sistem Peredaran Darah
Lokasi observasi : SD N Jetis
Hasil Diskusi :
1. Latar belakang media pembelajaran
Siswa pada usia SD tidak mudah untuk menagkap pelajaran secara sempurna khususnya pada anak sekolah kelas I itu harus menggunakan media yang kongkrit yang bisa dilihat oleh para siswa dan membuat siswa lebih mudah paham dan pada siswa kelas V sudah bisa menagkap lebih cepat karena telah bisa diajak berfikir.
Berdasarkan hasil observasi di SD N Jetis guru di sekolah itu mempunyai anggapan bahwa penggunaan media pembelajaran tersebut dapat memudahkan siswa dalam memahami materi. Oleh karena itu guru menggunakan alat peraga dalam proses pembelajaran, salah satunya proses pembelajaran yang dilakukan di kelas V SD N Jetis pada mata pelajaran IPA materi Alat Peredaran Darah Manusia. Guru menggunakan alat peraga yang menjelaskan mengenai cara kerja jantung dan fungsinya. Dengan menggunakan alat peraga tersebut siswa dapat lebih mudah menguasai materi dan mereka mempunyai gambaran yang lebih jelas tentang materi tersebut. Jadi alat peraga sangat membantu dalam proses pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami materi.


2. Alasan menggunakan media pembelajaran
Alasan menggunakan media pembelajaran Sistem peredaran darah dengan papan bergambar peredaran darah adalah agar siswa termotivasi dan paham dengan sistem peredaran darah. Biasanya guru hanya menjelaskan dengan gambar ataupun hanya dengan petunjuk buku paket, namun dengan media ini maka pembelajaran yang didapat anak akan berfariasi. Siswa juga akan lebih aktif dan mempunyai banyak wawasan tentang peredaran darah ini. Siswa juga tidak akan bosan dengan pembelajaran ini, karena menarik.   Membangkitakan ide-ide atau gagasan-gagasan yang bersifat konseptual, sehingga mengurang kesalahpahaman siswa dalam mempelajarinya.  Meningkatkan minat siswa untuk materi pelajaran. Memberikan pengalaman-pengalaman nyata yang merangsang aktivitas diri sendiri untuk belajar. Dapat mengembangkan jalan pikiran yang berkelanjutan dan menyediakan pengalaman-pengalaman yang tidak mudah didapat melalui materi-materi yang lain dan menjadikan proses belajar mendalam dan beragam.
Bagi guru, maka akan memudahkan dalam memberi pelajaran. Waktu dan tempat bisa lebih evektif evisien, selain itu juga kreativitas guru semakin meningkat.
3. Analisis (berdasar kriteria pemilihan media)
Media : Alat Peraga Sistem Peredaran Darah Manusia
Termasuk dalam kriteria pemilihan media :
Demonstration
Media dapat digunakan sebagai alat untuk mendemonstrasikan sebuah konsep, alat, objek, kegunaan, cara mengoperasikan dan lain-lain. Media berfungsi sebagai alat media pembelajaran karena pada SD kelas V guru menyampaikannya dengan model ceramah disertai  gambar tempel dan gurupun menggambarkannya di papan tulis. Harapannya siswa dapat memahami dan menangkap materi dengan lebih cepat .
4. Prosedur Pemilihan media pembelajaran (pilih Assure atau Anderson)
Berdasarkan hasil observasi di SD N Jetis, media yang digunakan adalah model anderson. Karena guru menyampaikan pesan berupa fakta, konsep, gagasan, dan teori yang sifatnya konseptual. Selanjutnya metode yang tepat sesuai dengan karakteristik pembelajaran, pesan tersebut berupa pesan pesan pembelajaran maka dibutuhkan media pembelajaran bukan media yang lain.
Peserta Diskusi :
Kelompok 5 :
1. Ummul Muflikhah (11005001)
2. Noni Rizawati (11005002)
3. Budining Desti R (11005005)
4. Miftakhul Munawaroh (11005006)
5. Dyas Fatmawati (11005015)
6. Achmad choerudin (11005018)
7. Ratih Candra Kirana (11005028)