LAPORAN HASIL OBSERVASI
MEDIA PEMBELAJARAN DI SDN WIROSABAN
Media pembelajaran yang digunakan di SDN WIROSABAN masih sangat minim sekali dan belum mengikuti model media pembelajaran secara modern karena dengan keterbatasannya . Jumlah murid yang tidak banyak dan guru yang cukup membuat media pembelajaran disekolah tersebut sulit untuk dikembangkan .
Dalam observasi kami mengamati peserta didik kelas lima dan kelas enam saat proses belajar mengajar . Pada mata pelajaran IPS pembelajaran menggunakan peta yang digunakan untuk mengetahui letak-letak negara , benua ,samudra ,dsb. Selain itu juga masih menggunakan blackboard dan kapur untuk menulis hal terkait dengan mata pelajaran yang sedang berlangsung . Sebelumnya kami juga mengamati kelas-kelas lain mulai dr kelas I - lV . Dan didalam kelas tersebut terdapat beberapa gambar seperti : gambar pahlawan beserta nama-namanya ,gambar buah-buahan beserta nama-namanya , gambar tulang dan gambar sarana transportasi. Setelah kami mewawancarai beberapa murid terkait gambar-gambar tersebut rupanya gambar tersebut berfungsi supaya anak-anak tersebut dapat mengenali berbagai sarana transportasi,buah-buahan,pahlawan-pahlawan dan bentuk tulang dan merupakan hasil karya siswa . Gambar seperti itu terdapat didalam kelas awal I - III. Benar saja ,karena pada masa-masa seperti itu anak-anak sebagian besar hanya akan memahami hal-hal yang bersifat konkrit ,dijelaskan dengan menunjukkan gambar bukan hanya konsepnya saja .
SDN WIROSABAN belum menggunakan media pembelajaran seperti laptop dan media berbasis tekhnologi modern meski ada beberapa komputer di ruang kepala sekolah ,namun pemakaiannya juga hanya untuk guru/karyawan saja .
berikut video proses belajar mengajar di kelas VI :
Dokumentasi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar