Rabu, 26 September 2012

21 sept '12
1. Yang saya pahami pada pertemuan hari ini mengenai :
  • Kedudukan Media sebagai alat Komunikasi dalam Pembelajaran ,
yakni media merupakan suatu kebutuhan yang tidak dapat diabaikan . siswa sebagai pembelajar, guru sebagai fasilitator . Media sebagai perantara pesan antara guru dg siswa . Melalui media pembelajaran yang disampaikan akan lebih jelas dan mudah diterima oleh siswa . Tanpa adanya media pembelajaran proses belajar mengajar tidak dapat berlangsung secara maksimal .
  • Penggunaan Media dalam Pembelajaran
Media pembelajaran digunakan untuk membantu pencapaian keberhasilan belajar seorang siswa, disamping itu media juga meningkatkan prestasi belajar siswa . Dengan media yang ada siswa termotivasi untuk menciptakan sesuatu yang baru ,kreatif dan inovatif . Media memudahkan siswa untuk memahami dan mengerti materi yang disampaikan guru . Jadi bukan hanya konsepnya saja ,tetapi juga bisa menampilkan hal-hal konkrit terkait pembelajaran yang diajarkan.
  • Ciri-ciri Media dalam Pembelajaran
  1. Ciri Fiksatif
  2. Ciri Manipulatif
  3. Ciri Distributif
  • Fungsi Media dalam Pembelajaran
  1. Sebagai media komunikasi yang digunakan dalam proses belajar dan mengajar
  2. Sebagai sarana untuk menyampaikan suatu materi
  3. Dapat membangkitkan keinginan dan minat baru
  4. Membangkitkan motivasi , membawa pengaruh-pengaruh psikologis pesertadidik
  5. Membantu keaktifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan
  6. Meningkatkan pemahaman penyajian data denganmenarik dan terpercaya
  • Manfaat Media dalam Pembelajaran
  1. Memperjelas penyajian materi
  2. Mengatasi keterbatasan ruang ,waktu dan daya indra
  3. Menjadikan pengalaman manfaat dari abstrak > kinkrit
  4. Memberikan rangsangan kepada siswa untuk belajar secara aktif
  5. Dapat meningkatkan motivasidanprestasi siswa
  • Kelebihan dan Kekurangan Media Pembelajaran audio
Kelebihan : Dalam penyampaian informasi lebih cepat dan media ini juga dapat dinikmati sambil melakukan aktivitas lainnya .
Kekurangan : Informasi yang disampaikan hanya sekilas dan tidak bisa diulang ,jika ada siswa mengalami kesulitan mendengar maka akan sangat sulit menerima ajaran pembelajaran .
  • Kelebihan dan Kekurangan Media Visual
Kelebihan : Lebih menarik karena ada gambar sehingga memberikan pengalaman yang abstrak dan mudah mengingat dengan visual peta konsep .
Kekurangan : Akan terjadi kesulitan jika siswa mengalami masalah pada indra penglihatan ,siswa tidak akan memahami gambar jika gambar tidak jelas atau tidak sama dengan bentuk nyata .

2. Yang belum saya pahami : Media apa yang paling efektif dan efisien untuk meningkatkan semangat belajar siswa dan membantu mempermudah pemahaman siswa jika kita dalam keadaan terdesak sehingga tidak sempat untuk mempersiapkannya terlebih dahulu .

  • Kekhawatiran : Jika dalam metode diskusi seperti pertemuan minggu ini anggotanya tidak ada satu orangpun yang memahami apa yang harus disampaikan/dikerjakan saat itu dan tidak ada media lain / sumber lain untuk memahaminya . Sehingga hanya mengutarakan sedikit melalui pikiran yang terbatas dan apa yang didapatkan tidak dapat maksimal .
  • Harapan : Pertemuan  selanjutnya dapat menggunakan metode yang lebih memberi motivasi dan keberanian mahasiswa ,tetap mempertahankan metode diskusi agar sesama teman dapat saling bertukar pikiran dan pengetahuan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar